Single Blog Title

This is a single blog caption
28 Apr 2021

Kolaborasi Antar Prodi untuk Kesuksesan Program MBKM 2021

/
Posted By

Pada program MBKM 2021, Prodi Teknik Geofisika berkolaborasi beberapa program studi seperti Teknik Geologi, Teknik Pertambangan, Teknik Metalurgi dan Teknik Perminyakan. Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Satgas MBKM Dr. Fatkhan, bahwa Judul Program MBKM 2021 yang diajukan adalah Pembelajaran Geosains secara Terapdu untuk Pengembangan Teknologi Energi Ramah Linkungan dan Mitigasi Bencana Kebumian. Pelaksanaan program ini tentu didukung oleh kolaborasi antar Prodi di Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan serta Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung.

 

Program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) merupakan sebuah program yang bertujuan untuk memberikan dan méndorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan. Proses ini dilandasi pada sikap dan semangat kolaboratif dan penyelesaian masalah (problem solving) oleh para pemangku kepentingan di perguruan tinggi. Kegaitan MBKM ini sejalan dengan Renip ITB 2020 – 2025 yang bertujuan untuk membangun kerja sama kreatif dari berbagai disiplin keilmuan, baik di ITB maupun dengan pihak lain.

 

Pengajuan program MBKM ini berlandaskan pada beberapa hal yang menjadi tantangan pada bidang Geofisika, di antaranya adalah (1) Masalah menipisnya cadangan energi fosil di masa mendatang, disertai dengan makin sulitnya pencarian sumber energi, khususnya minyak dan gas bumi, sedangkan kebutuhan energi akan terus meningkat. Diperlukan inovasi dalam pengembangan ilmu dan teknologi baru dalam geofisika, (2) Peran serta dalam masalah lingkungan, seperti gas buang CO2 (Carbon Capture Utility & Storage CCUS), (3) Perlu ditingkatkan peran serta dalam migitasi bencana kebumian, seperti gempa bumi, gunung api, tanah longsor, tsunami dan sebagainya, dan (4) Harus memiliki lulusan sarjana yang lebih berkualitas, sehingga mampu bersaing dalam lingkup nasional, maupun global. Sehingga nantinya diharapkan lulusan tidak hanya bekerja dalam negeri, tetapi dapat bekerja di luar negeri dalam bidangnya.

 

Selain ini juga memperhatikan adanya gap yang terjadi pada mahasiswa Teknik Geofisika secara umum yaitu kurangnya kemampuan dalam berkomunikasi, negosiasi, merancangdan/atau mendesain suatu permasalahan. Untuk itu diperlukan penambahan wawasan dan kemampuan berwirausaha kepada mahasiswa melalui program MBKM 2021.

 

Ada 3 sub program MBKM 2021 yang diusulkan, yaitu :

1. Research and Study Stays for Students (IKU 1, IKU 2, IKU 6)

2. Program Magang di Industri dan Lembaga Penelitian (IKU 1, IKU 2, IKU 6, IKU 7)

3. Program Kuliah Lapangan dalam Menjawab Permasalahan Lokal(IKU 1, IKU 2, IKU 6, IKU 7)

 

Untuk program magang pada instansi pemerintah dan penelitian yang sudah berjalan selama iniadalah BMKG, LIPI dan Badan Geologi. Selain itu kerja sama dengan industri adalah PT. Elnusa (seismic data acquisition in sub vulcanicfield), Pertamina EP, PGE (Pertamina Geothermal Energy) dan Aneka Tambang.