Kriteria Lulusan dan Capaian Pembelajaran S3

 

Lulusan Program Doktor

Sesuai standar nasional pendidikan tinggi di Indonesia, setiap lulusan program doktor terapan teknik geofisika diharapkan mempu mempunyai keterampilan sebagai barikut:

  1. Mampu menciptakan, menemukan dan memberikan kontribusi baru pada pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang teknik geofisika yang memperhatikan niali humaniora untuk menyelesaikan masalah berdasarkan pemikiran logis, kritis, kreatif dan arif.
  2. Mampu menyusun konsesi atas hasil kajian sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk makalah disertasi dan hasil karya ilmiah dalam jurnal Internasional.
  3. Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan berdsarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip dan teori yang mampu dipertanggungjawabkan secara setika akdemik dan mengkomunikasikannya kepada masyarakat.

 


 

Tujuan

Keberadaan Indonesia sebagai Benua Maritim dengan segala karakteristik yang khas dan keunikannya secara geologis dan tektonik sehingga sumber daya bumi Indonesia dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan energi, bahan mineral, air tanah, serta lingkungan pemukiman yang aman dan sehat bagi masyarakat menjadi latar belakang tujuan pendidikan di Program Studi Teknik Geofisika untuk menghasilkan lulusan dalam bidang Geofisika yang memiliki kompetensi lulusan sebagai berikut:

  1. Kemampuan dalam penerapan ilmu dan teknologi Geofisika.
  2. Kemampuan dalam pengembangan dan pengayaan konsep keilmuan.
  3. Kemampuan untuk melakukan penemuan baru dan kontribusi penting dalam bidang Geofisika.
  4. Kemampuan dalam menyebarkan dan mengkomunikasikan ilmu dan teknologi Geofisika pada masyarakat.

Secara lebih rinci, sasaran pendidikan di Program Studi Doktor Teknik Geofisika adalah untuk menghasilkan Sarjana Strata-3 (Doktor) dalam bidang Teknik Geofisika dengan kemampuan spesifik sebagai berikut:

  • Mampu melakukan aktivitas penerapan ilmu dan teknologi Geofisika secara komprehensif yang meliputi akuisisi dan pengolahan data serta pemodelan dan interpretasi dalam kerangka eksplorasi sumberdaya alam, studi lingkungan ataupun mitigasi bencana kebumian.
  • Mampu melakukan analisis dan evaluasi secara mendalam terhadap hasil-hasil aktivitas tersebut di atas sebagai bagian dari suatu kegiatan penelitian yang terstruktur.
  • Mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan mengkomunikasikan secara efektif hasil interpretasi data geofisika menjadi ”bahasa” geologi dan rekayasa (engineering).