Single Blog Title

This is a single blog caption
3 Jun 2021

Lebih Dekat dengan Prodi Teknik Geofisika

/
Posted By

Pada Januari 2021, ITB mengadakan acara Open House yang memperkenalkan tentang Fakultas/Sekolah serta program studi yang merupakan bagian dari program studi strategis national. Bekesinambungan dengan acara Open House, Direktorat Pendidikan Institut Teknologi Bandung kembali mengadakan acara untuk mengenalkan lebih lanjut program studi strategis nasional pada hari Rabu, 19 Mei 2021. Acara yang dilakukan secara daring dengan zoom webinar ini disiarkan melalui kanal YouTube dan mengundang perwakilan calon mahasiswa dari berbagai SMA di Indonesia.

Acara pengenalan program studi tersebut dihadiri oleh berbagai program studi, salah satunya yaitu program studi Teknik Geofisika, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB. Penjelasan tentang program studi Teknik Geofisika diawali dengan pemutaran video program studi yang kemudian dilanjutkan dengan presentasi program studi oleh dosen Teknik Geofisika, Faridz Nizar Ahmady, S.T., M.T. Dalam pemaparannya dijelaskan tentang ilmu dan teknik geofisika serta ruang lingkup yang dipelajari yaitu ilmu yang mempelajari bumi (terutama struktur bawah permukaan) dengan menggunakan prisip-prinsip fisika. Ilmu dan teknik geofisika tentu tidak terlepas dari berbagai keilmuan dasar seperti fisika, matematika, geologi, komputasi, dan instrumentasi. Dasar-dasar keilmuan ini  sangat mendukung dan membantu seorang ahli geofisika untuk mempelajari dan mengetahui dinamika yang terjadi di bawah bumi.

Selain itu pemateri, Pak Faridz Nizar juga menjelaskan prospek kerja di bidang geofisika yang cukup luas yaitu di bidang eksplorasi (oil and gas, mining, geothermal), bidang geoteknik, bidang seismologi, dan praktisi lainnya termasuk bidang big data dan machine learning yang terkait dengan geofisika. Di akhir presentasi juga diputar beberapa testimoni dari alumni yang telah bekerja di industri.