Master

Pada Program Pascasarjana ini, teknik geofisika telah dibagi menjadi dua program studi yaitu prpgram magister dan program doktor teknik geofisika. Lulusan program program pascasarjana teknik geofisika tidak hanya dituntut untuk menjadi ahli geofisika atau pakar dalam keilmuan geofisika yang mampu dalam memberikan solusi konstruktif dalam permasalahan dibidang keahliannya, akan tetapi pada lulusan juga diharapkan mampu mengembangkan dan menciptakan suatu inovasi baru pada bidang teknik geofisika yang bermanfaat bagai humaniora.

LULUSAN PROGRAM MAGISTER

Sesuai standar nasional pendidikan tinggi di Indonesia, setiap lulusan program magister terapan teknik geofisika diharapkan mempu mempunyai keterampilan sebagai barikut:

  1. Mampu menerapkan pemikiran kritis, logis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu melakukan vaidsi akademik atau kajian di bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di industri atau masyarakat melalui pengembangan pengetahuan atau keahliannya.
  3. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah penerapan teknologi dalam bidang geofisika berdasarkan kajian experimental terhadap data atau informasi.

Tujuan

Tujuan pendidikan di Program Magister Teknik Geofisika secara umum adalah menghasilkanMagister dalam Geofisikayang mampu menerapkan serta mengembangkan ilmu dan teknologi dalam konteks keberadaan Indonesia sebagai Benua Maritimdengan segala karakteristik yang khas dan keunikannya secara geologis dan tektoniksehingga sumber daya bumi Indonesia dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan energi, bahan mineral, air tanah, serta lingkungan pemukiman yang aman dan sehat bagi masyarakat.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Secara lebih rinci, sasaran pendidikan di Program Studi Magister Teknik Geofisika adalah untuk menghasilkan Sarjana Strata-2 (Magister) dalam bidang Teknik Geofisika dengan kemampuan spesifiksebagai berikut:

  1. Mampu melakukan aktivitas penerapan ilmu dan teknologi Geofisika secara komprehensif yang meliputi akuisisi dan pengolahan data serta pemodelan dan interpretasi dalam kerangka eksplorasi sumberdaya alam, studi lingkungan ataupun mitigasi bencana kebumian.
  2. Mampu melakukan analisis dan evaluasi secara mendalam terhadap hasil-hasil aktivitas tersebut di atas sebagai bagian dari suatu kegiatan penelitian yang terstruktur.
  3. Mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan mengkomunikasikan secara efektif hasil interpretasi data geofisika menjadi ”bahasa” geologi dan rekayasa (engineering).

Untuk mencapai sasaran dan tujuan tersebut di atas maka dirumuskan strategi perencanaan dan pelaksanaan program yang mencakup dua aspek utama, yaitu masukan dan proses yang meliputi antara lain:

  1. Meningkatkan relevansi pendidikan dan penelitian melalui pengembangan kurikulum terpadu berbasis kompetensi yang berkesinambungansetiap 5 tahun.
NO Nama Program

Tahun

2017 2018 2019 2020

2021

1

Mengevaluasi kurikulum baik secara periodik selama 5 tahun sekali atau secara kontinu mengikuti perkembangan IPTEK.

V

V V V

V

2 Membentuk SATGAS kurikulum untuk melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala.

V

V

3 Melakukan pelacakan kuesioner (feedback) dari alumni dan juga industri terhadap kualitas lulusan.

V

V V V

V

4 Memanfaatkan program penelitian untuk program pendidikan diantaranya sebagai bahan penelitian tesis.

V

V V V

V

 

  1. Meningkatkan kemampuan staf pengajar dalam proses pembelajaran dan kegiatan penelitian melalui kerjasama dengan industri terkait serta institusi pendidikan dan penelitian, baik di dalam maupun di luar negeri.
NO Nama Program

Tahun

2017 2018 2019 2020

2021

1 Penentuan CO2-Storage dan Pengembangan Metode Geofisika Terpadu untuk Monitoring Injeksi CO2 di Lapangan Gundih, Jawa Tengah, kerjasama dengan JICA, Kyoto University, Pertamina.

V

V V V

V

2 Tomografi Kecepatan Anisotropi Kerak Bumi dan Gunung Api(Program Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (Desentralisasi) KEMENRISTEK DIKTI

V

V

3 Magnetik and Physical Properties of Soils and Sediments from the Malili Lake System

Kerja sama dengan Brown University.

 

V

V

V

4 DOMERAPI Project: Dynamic of an arc volcano with extruding lava domes, Merapi (Indonesia): from the magma reservoir to eruptive processes.Kerja sama dengan IRD France.

V

5 Inovasi Teknologi Geofisika untuk Peningkatan Produk dan Kualitas Hasil Pertanian

V

V

V

 

  1. Peningkatan ketersediaan sarana dan prasaranamelalui penambahan peralatan laboratorium.
NO Nama Alat Tahun
2017 2018 2019 2020 2021
1 Rock Physics Laboratory Equipment (Ultrasonic Pulser/Receiver)

1 unit broadband magnetotelluric Instruments

V

2 Instrumentation and Electronic Laboratory Equipment (Digital Oscilloscope)

V

3 Seismology and Vulkanology Laboratory Equipment (Seismometer)

1 unit GPR (transducer dan receiver)

V

4 2 unit magnetometer

V

5 1 unit Geolistrik supersting

V

6 3 unit broadband nano metric 3 component

V

 

  1. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran dan penelitian melalui peningkatan kualitas kinerja dan kemampuan staf akademik.
NO Workshop

Tahun

2017 2018 2019 2020

2021

1 Applied Approach

V

V

2 Sharing experience dalam pegabdian pada masyarakat

V

V

3 Talks on Career bagi dosen muda

V

V

4 Workshop khusus yang berhubungan dengan bidang keahlian

V

V

V

5 Workshop Merintis Kerjasama Industri untuk mendorong Pengembangan Produk Ilmiah

V

V

V

 

Meningkatkan iklim kerja dan suasana akademik yang kondusif dengan menyelenggarakan dan juga mengikutsertakan staf pengajar dan mahasiswa dalam kegiatan yang relevan, seperti seminar nasional maupun internasional. Contohnya adalah workshopSEACG (South East Asian Conference Geophysic) di Bali yang diselenggarakan bulan Agustus 2016. Kemudian, workshoptesis mahasiswa yang dilaksanakan tiga kali dalam setahun. Selain itu, kedepannya akan diselenggarakan International workshop Geo EMpada Februari 2017, yang akan dihadiri oleh para ahli EM dari nasional maupun internasional (www.gem2017.org)

Kurikulum

 

StrukturKurikulum

Beban studi program magister bagi peserta sekurang-kurangnya 36 SKS dan sebanyak-banyaknya 50 SKSyang dijadwalkan untuk 4 (empat)semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 (empat)semester dan selama-lamanya 6 (enam) semester termasuk penyusunan tesis, setelah program sarjana, atau yang sederajat (Kepmendiknas No. 232/U/2000).

  • Kurikulum Program Magister Teknik Geofisika disusun sebagai upaya untuk mencapai kompetensi lulusan seperti tersebut di atas.
  • Kurikulum Program Magister Teknik Geofisika terdiri dari 3 komponen utama, yaitu mata kuliah wajib, mata kuliah opsi dan mata kuliah pilihan dengan jumlah keseluruhan kredit yang harus diselesaikan adalah 36 SKS.Mata-kuliah wajib 24 SKS untuk jalur geofisika perminyakan, dan 27 SKS untuk jalur geofisika terapan dimaksudkan untuk memberikan dasar-dasar keilmuan yang memadai mendukung bidang Teknik GeofisikaMata-kuliah opsi (9-12 SKS) bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri dalam sub-bidang yang diminati, yaitu salah satu dari Geofisika PerminyakanatauGeofisika Terapan.
  • Mahasiswa dapat memperkaya wawasan keilmuan dan minatnya melalui mata kuliah pilihan (6-10 SKS) yang diambil.
  • Untuk mengakomodasi masukan atau input (mahasiswa) dari berbagai latar-belakang pendidikan S-1 sains dan teknik dan untuk memberikan ilmu dasar yang memadai dan koheren, maka mahasiswa diwajibkan mengambil salah satu mata kuliah Matematika Geofisikaatau Geologi Geofisika.Selanjutnya penguasaan ilmu dasar diperoleh melalui mata kuliah Gelombang dan Medan dalam Geofisika.  Mata kuliah opsi dan mata kuliah pilihan memberi kesempatan kepadamahasiswa untuk melakukan pengembangan diri sesuai minatnya.

Matakuliah yang mendukung terbentuknya kompetensi utama diantaranya adalah:

  • Metoda Inversi Geofisika Lanjut
  • Interpretasi Data Seismik lanjut
  • Mitigasi Bencana
  • Hidrogeofisika
  • Pemodelan Geofisika dan Tomografi
  • Mikroseismik
  • Akusisi dan pengolahan Data Seismik Lanjut
  • Fisika Batuan lanjut
  • Instrumentasi Geofisika Lanjut
  • Geofisika Eksplorasi untuk Migas
  • Geofisika Pertanian Lanjut
  • Eksplorasi Geotermal
  • Metoda Elektromagnetik lanjut
  • Geofisika Pertambangan
  • Geofisika Teknik dan Lingkungan
  • Geofisika Marin
  • Kapita Selekta Geofisika
  • Geofisika Reservoir
  • Termo dan Dinamika Kerak Bumi
  • Seismologi Teknik Lanjut
  • Eksplorasi Gelombang Permukaan

Kompetensi pendukung dapat dicapai melalui bentuk-bentuk kegiatan perkuliahan dengan tugas mandiri dan tim seperti :

  • Praktikum Geologi Geofisika
  • Kuliah Lapangan Karang Sambung
  • Presentasi tugas kuliah dalam bentuk tim ataupun personal

Kompetensi tambahan dapat diperoleh/diberikan melalui matakuliah Kapita Selekta.

Pada kurikulum 2003, mata kuliah opsi hanya termasuk di dalam mata kuliah pilihan. Sedangkan dalam kurikulum 2013, terdapat 2 opsi, yaitu Jalur Pilihan Geofisika Perminyakan dan Jalur Pilihan Eksplorasi, Teknik dan Lingkungan.

Mata kuliah pilihan yang dilaksanakan pada Program Magister Teknik Geofisika terbagi ke dalam :

  • Mata Kuliah Wajib Jalur Pilihan Geofisika Perminyakan
  • Mata Kuliah Wajib Jalur Pilihan Eksplorasi, Teknik dan Lingkungan
  • Mata Kuliah Pilihan Program Studi
  • Mata Kuliah Pilihan Luar Program Studi

Mata Kuliah Wajib Jalur Pilihan Geofisika Perminyakan

Semester Kode MK Nama MK (pilihan) Bobot SKS Unit/ Jur/ Fak Pengelola

(1)

(2) (3) (4)

(6)

I/II GL5032 Sistem Petroleum 2 GL-FITB
I / II TG5024 Metodologi Penelitian 3 TG-FTTM
I TG5111 Matematika Geofisika Lanjut 2 TG-FTTM
I TG5112 Gelombang dan Medan Geofisika Lanjut 3 TG-FTTM
I TG5114 Analisis Sinyal Geofisika Lanjut 2 TG-FTTM
II TG5213 Geostatistika Lanjut 2 TG-FTTM
I/II TG6091 Tesis I 4 TG-FTTM
I/II TG6092 Tesis II 4 TG-FTTM
I TG6132 Kuliah Lapangan 2 TG-FTTM
Total SKS 24

 

Mata Kuliah Wajib Jalur Pilihan Eksplorasi, Teknik dan Lingkungan

Semester Kode MK Nama MK (pilihan) Bobot SKS Unit/ Jur/ Fak Pengelola

(1)

(2) (3) (4)

(6)

I/II TG5024 Metodologi Penelitian 3 TG-FTTM
I TG5111 Matematika Geofisika Lanjut 2 TG-FTTM
I TG5112 Gelombang dan Medan Geofisika Lanjut 3 TG-FTTM
I TG5114 Analisis Sinyal Geofisika Lanjut 2 TG-FTTM
II TG5213 Geostatistika Lanjut 2 TG-FTTM
II TG5261 Metode Gravitasi dan Magnetik Lanjut 3 TG-FTTM
II TG5262 Metode Geolistrik Lanjut 2
I/II TG6091 Tesis I 4
I/II TG6092 Tesis II 4 TG-FTTM
I TG6132 Kuliah Lapangan 2 TG-FTTM
Total SKS 27

 

Mata Kuliah Pilihan Program Studi

Semester Kode MK Nama MK (pilihan) Bobot SKS Unit/ Jur/ Fak Pengelola
(1) (2) (3) (4) (6)
I/II TG5023 Metoda Inversi Geofisika Lanjut 2 TG-FTTM
I TG5131 Interpretasi Data Seismik lanjut 3 TG-FTTM
I TG5132 Mitagasi Bencana 2 TG-FTTM
I TG5133 Hidrogeofisika 2 TG-FTTM
I TG5134 Pemodelan Geofisika dan Tomografi 2 TG-FTTM
I TG5149 Mikroseismik 2 TG-FTTM
II TG5222 Akusisi dan pengolahan Data Seismik Lanjut 2 TG-FTTM
II TG5225 Fisika Batuan lanjut 2 TG-FTTM
II TG5234 Instrumentasi Geofisika Lanjut 2 TG-FTTM
II TG5235 Geofisika Eksplorasi untuk Migas 2 TG-FTTM
II TG5236 Geofisika Pertanian Lanjut 2 TG-FTTM
II TG5245 Eksplorasi Geotermal 2 TG-FTTM
II TG5264 Metoda Elektromagnetik lanjut 2 TG-FTTM
I/II TG6042 Geofisika Pertambangan 2 TG-FTTM
I/II TG6043 Eksplorasi Geotermal 2 TG-FTTM
I/II TG6044 Geofisika Teknik dan Lingkungan 2 TG-FTTM
I TG6141 Geofisika Marin 2 TG-FTTM
I TG6142 Kapita Selekta Geofisika 2 TG-FTTM
II TG6241 Geofisika Reservoir 3 TG-FTTM
II TG6242 Termo dan Dinamika Kerak Bumi 3 TG-FTTM
II TG6243 Seismologi Teknik Lanjut 2 TG-FTTM
II TG6244 Eksplorasi Gelombang Permukaan 2 TG-FTTM
Total SKS 47

 

Penerimaan Mahasiswa Baru

Kriteria seleksi mahasiswa baru:

  • Seleksiberdasarkanlatarbelakang program studidanindeksprestasi S1 (misalnya IP >3.00) dengan mempertimbangkan IP prestasi S1 Mahasiswa prodi yang sama dari penerimaan tahun sebelumnya, misalnyamahasiswa S1 perguruan tinggi dari luar pulau Jawa dengan IP 3.10ternyata selama mengikuti perkuliahan dapat memberikan prestasi yang di atas rata-rata, maka untuk penerimaan berikutnya dari program studi S1 tersebut lebih dipercaya untuk IP yang sama.
  • Seleksiberdasarkanhasil Test PotensiAkademik (TPA> 475) dan TOEFL (TOEFL PBT>475) atauEnglish Language Proficiency Test (ELPT-ITB> 77) sebagai pertimbangan tambahan.
  • Seleksimelaluitahapanwawancara bertujuan untuk melihat potensi akademik, pengalaman kerja, motivasi, dsb. dari calon.

Mahasiswa yang diterimapada Program Studi Magister TeknikGeofisikaumumnyaberasaldarilulusan Program StudiGeofisika S1. Namunterbukajugabagilulusandaribeberapa program studilain yang masihberkaitandenganbidangkebumian, misalnya program studiFisika, TeknikGeodesi, TeknikGeologi, TeknikPertambangan, TeknikPerminyakan, Matematika, dan lain-lain.

Prosedur penerimaan Mahasiswa baru program magister dapat dilihat lebih lanjut padapada website sekolah pasca sarjana ITB (www.sps.itb.ac.id).