Single Blog Title

This is a single blog caption
7 Aug 2019

Proses Akreditasi Ulang Program Doktor (S3) Teknik Geofisika ITB

/
Posted By

Program Doktor (S3) Teknik Geofisika merupakan satu-satunya program doktor dalam bidang geofisika di Indonesia. Dalam perjalanannya, Program Doktor Teknik Geofisika ITB sudah meluluskan sejumlah doktor yang memiliki kemampuan dan kualiafikasi dalam bidang geofisika. Sejumlah lulusan Program Doktor Teknik Geofisika mendarmabaktikan keilmuannya pada beberapa lembaga, baik itu lembaga pemerintah maupun swasta. Secara statistika, lulusan Program Doktor Teknik Geofisika sebagai besar berkiprah sebagai dosen pada sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

 

Terhitung sampai 2019, Program Doktor Teknik Geofisika memiliki akreditasi A (BAN-PT). Hal tersebut didukung oleh komitmen Program Doktor Teknik Geofisika menjalankan visi dan misi yang menjadi arah dan tujuan program. Visi dan misi Program Doktor Teknik Geofisika terwujud dalam kurikulum, penyelenggaraan administrasi perkuliahan dan lingkungan penelitian mahasiswa S3 yang mendukung.

 

Akreditasi sebuah program studi dievaluasi secara berkala dalam lima tahun oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kesiapan dokumen borang akreditasi merupakan langkah awal sebuah program studi mengajukan pembaharuan akreditasi. Selanjutnya dokumen borang akreditasi akan dievaluasi secara menyeluruh oleh tim penilai.

 

Program Doktor Teknik Geofisika sedang memasuki proses akredtasi ulang. Proses akreditasi ini diawali dengan persiapan dokumen borang akreditasi yang dilakukan pada Oktober sampai dengan Desember 2018. Target capaian yang diharapkan dari proses akreditasi ulang ini adalah mendapatkan kembali predikat A sebagaimana yang telah diperoleh sebelumnya.

 

Mengacu pada Surat Nomor 1940 / BAN-PT / SPT-AK / P / 2019 tentqng Pemberitahuan asesmen lapangan BAN-PT, terjadwal pada 16 – 18 Juni 2019 Tim Asesmen lapangan akan mengunjungi Program Doktor Teknik Geofisika. Kunjungan Tim Asesmen lapangan dilakukan berdasarkan keputusan rapat Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) tentang hasil asesmen kecukupan, bahwa Program Studi Teknik Geofisika pada program S3 Institut Teknologi Bandung dinyatakan lolos ke tahap asesmen lapangan.