Karangsambung –  Pada Selasa (09/05/17), peserta Kuliah Lapangan Karangsambung 2017 mendapatkan materi seputar Geomorfologi. Hari pertama ini dimulai dengan kegiatan senam bersama pada Pk 06.00 pagi dipimpin oleh Dr. Eng. Ir. T. A. Sanny, M.Sc dilanjutkan dengan makan bersama pada Pk 07.00. Materi perkuliahan Geomorforlogi yang dipandu oleh Dr. Ir. Budi Brahmantyo, M.Sc. baru dimulai satu jam kemudian. Peserta yang terbagi kedalam tiga kelompok besar selanjutnya dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil yang berisi empat orang peserta. Sebagai pembukaan, materi difokuskan pada pelatihan penggunaan Kompas serta pembacaan Peta Topografi.

Dr. Ir. Budi Brahmantyo, M.Sc. menuturkan bahwa pengetahuan dalam penggunaan kompas serta pembacaan peta topografi ini akan sangat berguna dan mempermudah Geophysicist dalam melaksanakan pekerjaannya di lapangan, terlebih dalam kegiatan akusisi data di suatu daerah. Untuk mengenalkan secara langsung, peserta kuliah lapangan dihadapkan dengan total lima buah singkapan untuk kemudian melakukan pengamatan. Singkapan pertama dan kedua berada di depan area kampus LIPI Karangsambung. Selanjutnya, rombongan peserta diarahkan menuju ke singkapan ketiga yang berada di area sungai Jebug. Selepas berada di wilayah Sungai Jebug, singkapan yang dituju berikutnya berada di Gunung Parang, sekitar 800 meter dari objek wisata Bukit Pentulu Indah. Setelah melaksanakan istirahat makan siang, para peserta kemudian di arahkan menuju ke singkapan kelima yang berada di kali mandala.

Sebagai penutup perkuliahan Geomorfologi ini, peserta kuliah lapangan dibawa menuju ke bukit Wagirsambeng untuk melihat bentang alam Amphiteater antiklin Karangsambung. Tidak sekedar melihat, para peserta juga diminta untuk membuat sketsa bentang alam tersebut. Seluruh hasil sketsa kemudian dipamerkan dan dipilih tiga sketsa terbaik. “Jadi, tiga peserta dengan sketsa terbaik yang telah dipilih Pak Budi yaitu Jore, Ana, serta Ihsan.” ucap Prof. Dr. Satria Bijaksana. Sekitar Pk 16.15, acara perkuliahan selesai dan para peserta dimobilisasi kembali menuju ke Kampus LIPI Karangsambung.

Malamnya, kegiatan perkuliahan kembali di adakan dengan pembicara Dr. Ir. Agus Handoyo Harsolumakso dengan topik  “Geology of Luh Ulo Karangsambung”.  Materi yang diberikan merupakan pengantar kegiatan ekskursi keesokan paginya, hal yang dibahas yakni seputar karakter melange dari Luh Ulo.  

 

Leave a Comment