Bandung – Momen kelulusan kuliah pastinya menjadi salahsatu hal yang tidak terlupakan bagi sebagian besar orang. Tak terkecuali dengan mahasiswa mahasiswi program studi Teknik Geofisika ITB yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika ITB (HIMA TG “TERRA” ITB). Seperti perayaan wisuda sebelum-sebelumnya, TERRA sebagai himpunan keprofesian Teknik Geofisika ITB pastinya tak ingin absen memberikan kenangan manis bagi para wisudawan di penghujung masa gelar mahasiswa mereka. Salahsatu acara yang dilaksanakan adalah perayaan syukuran wisuda (Wisnight) pada Kamis (30/03/17).

Acara wisnight ini membuka rangkaian kegiatan perayaan wisuda April himpunan mahasiswa Teknik Geofisika ITB. Open gate kegiatan yang digelar di basement gedung CC Timur ini dimulai pada Pk 18.00 WIB. “Konsep wisuda April TERRA 2017 relatif sama dengan apa yang sudah dilakukan sebelum-sebelumnya meliputi wisnight, arak-arakan sore, dan wisday. Secara umum, perbedaan hanya terletak pada tema yang diangkat saja dimana tema yang diangkat sekarang adalah Maui.” tutur Randy, ketua pelaksana Wisuda April TERRA.

Sehari kemudian, Jumat (31/03/17), mata acara yang diadakan adalah arak-arakan sore yang mana para wisudawan yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika ITB diarak oleh massa himpunan dan kemudian diakhiri dengan berkumpul di sekitar area DPR untuk mendengarkan orasi dari wisudawan serta menyanyikan lagu hymne TERRA secara bersama-sama.

 

Puncak acara, Sabtu (01/04/17) adalah hari pelaksanaan sidang terbuka pengukuhan gelar sarjana para wisudawan. Sidang terbuka ini dilaksanakan di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga). Kegiatan wisday pada hari tersebut sekaligus menjadi penutup rangkaian perayaan wisuda April Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika ITB. Seusai kegiatan sidang, para wisudawan dikumpulkan di Saraga untuk kemudian diarak mengitari kampus ITB Ganesha secara bergantian dengan himpunan-himpunan lain. Ketika kegiatan arak-arakan berlangsung, rombongan keluarga yang mendampingi wisudawan dibawa menuju ke gedung Program Studi untuk mengikuti acara lainnya yang sudah dipersiapkan oleh panitia Wisuda April TERRA 2017.

“Pada hari H pelaksanaan wisuda, kegiatan yang dilakukan meiputi parade wisuda, prosesi, perform, dan pelepasan wisudawan.” ungkap Febriani, penanggung jawab acara Wisuda April TERRA 2017. “Harapan saya semoga wisudawan menjadi orang yang sukses dibidangnya, selalu berbagi dan berbakti kepada masyarakat dan tidak melupakan himpunan tercinta.” pungkasnya.

Hal senada turut diungkapkan oleh Randy selaku ketua pelaksana. “Harapan saya semoga para wisudawan dapat segera memperoleh pekerjaan, dan apabila nantinya sudah sukses, besar harapan saya agar mereka tidak melupakan himpunan ini (TERRA).” tandasnya.

*Foto dokumentasi oleh Khairul Akbar Rusli (Teknik Geofisika ITB ’13)

Leave a Comment