Single Blog Title

This is a single blog caption
21 Nov 2016

HM Teknik Geofisika ITB “TERRA” Juara Umum IUGC 2016 (Indonesian Undergraduate Geophysics Competition 2016)

/
Posted By

IUGC (Indonesian Undergraduate Geophysics Competition) 2016 merupakan acara kompetisi geofisika se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika “TERRA” ITB. IUGC 2016 terdiri dari beberapa rangkaian acara, diantaranya pre-event (photo contest, paper competition, essay competition), seminar, main competition, expo, field trip, dan closing berupa gala dinner. Rangkaian acara IUGC 2016 berlangsung pada 14 – 18 November 2016. IUGC 2016 mengangkat tema Geophysics Stands Up to the World’s Challenges. Diharapkan melalui IUGC 2016 ini mampu meningkatkan keprofesian dan keilmuan peserta untuk menghadapi tantangan dunia geofisika yang sekarang dihadapi.

Main competition IUGC 2016 terdiri dari GSDC (geophysical survey design competition), GPC (geophysical processing competition), dan GIC (geophysical interpretation competition). Main competition IUGC 2016 diikuti oleh 9 universitas di Indonesia, ada ITB, UI, UNPAD, UGM, UPN, UNDIP, UB, UNEJ, UNILA. Tiap universitas tersebut mengirimkan kontingen yang terdiri dari 6 orang (2 orang untuk GSDC, 1 orang GPC, 3 orang GIC).

Tiap perlombaan pada main competition dibagi menjadi 2 sesi, sesi penyisihan dan final. Pada penyisihan GSDC, peserta diminta untuk membuat rancangan akuisisi data geofisika dengan target eksplorasi yang akan diberikan. Lima peserta dengan nilai tertinggi akan mengikuti babak final, dan akan mempresentasikan desain survey eksplorasi yang ada pada soal di depan hadapan juri dan audien.

Pada penyisihan GPC, peserta diminta untuk melakukan proses pengolahan data beberapa metode seperti gravity, magnetik, elektromagnetik, seismik dan geolistrik yang bertujuan untuk meningkatkan resolusi dari suatu data geofisika menggunakan bahasa pemrograman yang peserta paling kuasai. Lima peserta dengan nilai tertinggi, akan mengikuti babak final, dan mempresentasikan hasil pengolahan data serta analisisnya.

Pada penyisihan GIC, sistem yang dipakai berupa cerdas cermat, peserta akan diuji pengetahuan dasarnya tentang segala aspek yang berkaitan dengan interpretasi data geofisika. Cerdas cermat dibagi per 3 kelompok dari 9 kontingen yang ada. Enam peserta terbaik dari babak penyisihan, masuk ke babak final untuk menganalisis dan menginterpretasikan suatu penampang geofisika dan geologi dari kasus yang diberikan.

Soal dan juri yang dihadapi berasal dari perusahaan terkait seperti Pertamina (untuk kasus hidrokarbon), Antam (pertambangan), Star Energi (geothermal), dan beberapa dosen dari Teknik Geofisika ITB. Dari 3 perlombaan pada main competition tersebut, keluar juara juara sebagai berikut. Juara 1, 2, dan 3 dari GSDC (survey design) berturut turut adalah UNPAD, UB, ITB. Sementara untuk perlombaan GPC (processing), juara 1, 2 dan 3 berturut turut adalah ITB, UGM, UB. Untuk perlombaan GIC (interpretasi) juara 1, 2 dan 3 berturut turut adalah ITB, UI, UB. Dengan tersebut ITB keluar sebagai juara umum dan mempertahankan piala bergilir yang sebelumnya disabet oleh ITB. Total hadiah yang diberikan sebesar Rp. 20.000.000,00.

(By Probo Mukti Nugroho)

id_IDIndonesian