Single Blog Title

This is a single blog caption
22 Dec 2021

Kuliah Lapangan Teknik Geofisika 2021

/
Posted By

Kuliah lapangan merupakan bagian dari proses akademik yang wajib diikuti oleh mahasiswa Program S1 Teknik Geofisika Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB. Kegiatan kuliah lapangan akan memberikan pengalaman bagi setiap mahasiswa untuk melihat secara langsung fitur-fitur geologi dan melakukan praktik pengukuran beberapa peralatan geofisika. Sebelum kondisi pandemic, secara rutin kegiatan kuliah lapangan pada Prodi Teknik Geofisika dilaksanakan di Karang Sambung, Kebumen Jawa Tengah selama 14 hari.

 

Namun, pada masa kondisi pandemi dan pelaksanaan perkuliahan tatap muka terbatas, kegiatan kuliah lapangan pada tahun ini dilakukan secara hybrid selama 11 hari (28 September – 9 Oktober 2021). Selama 6 hari kegiatan perkuliahan dilaksanakan secara daring dan 5 hari secara luring. Perkuliahan secara luring dilakukan di area Sesar Lembang, Jawa Barat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Setiap peserta diwajibkan untuk menjalani test PCR 2 hari sebelum hari keberangkatan ke lapangan.

 

Kegiatan kuliah lapangan secara luring dibagi menjadi dua objek pembelajaran, yaitu melakukan pengamatan fitur-fitur geologi yang ada di area Sesar Lembang (4 – 5 Oktober 2021) dan melakukan pengukuran dengan menggunakan peralatan geofisika pada tanggal 6 – 9 Oktober 2021.

 

Pada tahun 2021, kegiatan kuliah lapangan disinergikan dengan PKKM Merdeka Belajar Kampus Merdeka Prodi Teknik Geofisika. Sehingga, selain melakukan survey geologi dan pengukuran geofisika di Sesar Lembang, para mahasiswa juag melakukan sosialisasi dan edukasi mitigasi bahaya gempa bumi kepada masyarakat di sekitar Sesar Lembang.

 

en_USEnglish