Single Blog Title

This is a single blog caption
10 Nov 2018

Geo-Lunch Talk, Diskusi Dua Pekanan Teknik Geofisika ITB

/
Posted By
/
Comments0

Geo-Lunch Talk adalah diskusi tematik Teknik Geofisika ITB yang dilaksanakan pada Hari Jumat setiap dua pekan. Geo-Lunch Talk merupakan gagasan cemerlang dari Dr. Tedi Yudhistira dan dibantu dengan totalitas oleh Dr. David P. Sahara.

 

Ide awal dari Geo-Lunch Talk adalah sebagai media bertukar informasi, cerita, pengetahuan dan pengalaman sesama dosen di Teknik Geofisika. Geo-Lunch Talk dirancang dalam suasana santai, bermakna dan tentunya sambil ngopi setelah makan siang bersama.

Suasana Geo-Lunch Talk, Jumat 26 Oktober 2018

Geo-Lunch Talk pertama dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Oktober 2018. Dr. Darharta Dahrin bersedia menjadi pembicara pada acara Geo-Lunch Talk pertama. Topik yang disajikan oleh Dr. Darharta Dahrin adalah tentang permasalahan dalam geofisika. Sebuah topik menarik dan sangan bermanfaat untuk disimak.

 

Salah satu permasalahan dalam Geofisika adalah ketidakpastian dalam pengukuran dan pemodelan geofisika. Dalam slide presentasinya, Dr. Darharta Dahrin memaparkan tentang beberapa studi kasus pengukuran geofisika untuk eksplorasi. Setiap pengukuran geofisika akan memberikan data yang merepresentasikan karakteristik dari objek yang diamati. Setiap data yang diperoleh akan diolah dengan metoda tertentu, sehingga akan memberikan informasi yang menjadi acuan dalam interpretasi sebuah objek di bawah permukaan.

 

Sebuah objek yang berada pada kedalaman tertentu akan dapat dipahami dari sebuah model yang dihasilkan dari data pengukuran dan proses dari pendekatan teorema matematis. Setiap pendekatan matematis yang diterapkan memberikan sebuah angka ketidakpastian. Angka ketidakpastian dalam sebuah model geofisika yang dihasilkan menjadi salah satu parameter tingkat kepercayaan ketika melakukan interpretasi. Bila angka ketidakpastian  pada sebuah model kecil maka tingkat kepercayaannya akan besar, begitu juga sebaliknya.

Prof. Nanang T. Puspito sebagai pembicara pada Geo-Lunch Talk, Jumat 9 November 2018

Geo-Lunch Talk kedua dilaksanakan pada Jumat, 9 November 2018. Prof. Nanang T. Puspito bersedia menjadi pembicara pada Geo-Lunch Talk kedua. Topik menarik dan sangat bermanfaat disampaikan oleh Prof. Nanang. Topik yang menjadi fundamental, tidak hanya dalam dunia geofisika, akan tetapi juga menyentuh setiap lini dan sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Prof. Nanang mengangkat topik diskusi tentang pendidikan anti korupsi di ITB. Pendidikan Anti Korupsi di ITB digagas sejak Tahun 2009 dan sudah menjadi rujukan di beberapa PTN/PTS di Indonesia.

 

Dalam slide presentasinya, Prof. Nanang menyampaikan beberapa poin penting dalam pencegahan tindak korupsi. Diantaranya adalah pemahaman tentang definisi korupsi, upaya pencegahan, kepekaan moral dan penegakan hukum. Salah satu yang terpenting dari yang penting itu adalah kepekaan moral, dalam hal ini adalah kejujuran. Kejujuran menjadi isu dasar dalam pencegahan korupsi. Jika angka kejujuran tinggi, maka bisa dipastikan angka tindakan korupsi akan turun, akan tetapi begitu juga sebaliknya.

 

Dua Geo-Lunch Talk

Topik yang menarik yang disajikan pada kedua Geo-Lunch Talk di atas dapat membuka wawasan dan pengetahuan baru bagi setiap peserta yang hadir. Keberagaman topik yang tersaji dalam Geo-Lunch Talk tentunya akan memberikan keterbukaan wawasan dan pemikiran. (ZFZ)

 

 

 

Leave a Reply