Single Blog Title

This is a single blog caption
18 Oct 2018

Komunikasi Geofisika: Memberikan Nilai Lebih pada Sebuah Hasil Penelitian

/
Posted By
/
Comments2

Komunikasi yang baik merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah penelitian. Tentu setiap hasil penelitian perlu disebarluaskan dengan tujuan dapat memberikan manfaat dan dampak yang lebih luas. Hasil penelitian dikemas dengan baik dan menarik, baik dalam bentuk poster, presentasi oral maupun tulisan dalam sebuah makalah ilmiah yang dipublikasikan pada sebuah jurnal.

 

Sama halnya dengan bidang-bidang lain, bidang geofisika juga dituntut untuk mampu menyebarluaskan hasil penelitiannya dengan baik dan menarik. Kemanfaatan hasil penelitian dalam bidang geofisika akan berdampak dalam pengembangan keilmuan  dipublikasikan dan dikomunikasikan dengan baik. Selain itu, pengembangan keilmuan dan teknik geofisika juga bisa memberikan kontribusi dalam proses keberlanjutan pembângunan nasional jika dikomunikasikan dengan baik dengan bahasa yang populer dan mudah dipahami oleh para pengambil kebijakan.

 

 

Menanggapi hal tersebut di atas, Prodi Teknik Geofisika ITB memandang perlu untuk menjadikan Komunikasi Geofisika sebagai salah satu mata kuliah untuk tingkat sarjana. Salah satu tugas yang harus disiapkan oleh mahasiswa peserta kuliah Komunikasi Geofisika adalah menyiapkan poster yang bertemakan kegeofisikaan. Poster tersebut dipresentasikan oleh setiap berkelompok yang beranggotakan 2-3 orang.

 

Prof. Satria Bijaksana selaku pengampu mata kuliah Komunikasi Geofisika mengundang beberapa dosen untuk menjadi berkunjung ke kelas dan memberikan komentar dan saran kepada poster-poster yang dipresentasikan. Komentar dan saran dari dosen-dosen yang datang dapat memberikan semangat dan rasa percaya diri para mahasiswa untuk berani tampil pada event yang lebih serius, baik ditingkat nasional maupun internasional. (ZFZ)

 

Beberapa dokumentasi kuliah Komunikasi Geofisika (Sumber Foto Prof. Satria Bijaksana)

2 Responses

  1. Djedi Widarto

    Sebuah gagasan yg bagus utk memberikan mata kuliah tersebut, dan presentasi bentuk poster saya anggap lebih baik utk komunikasi saintifik bg mahasiswa krn tanya jawab dapat dilakukan dg lebih rileks dan intens .. bravo utk Prof. Satria Bijaksana dan Zul …

Leave a Reply