Seminar Terbuka TA/Tesis merupakan agenda rutin menjelang yudisum para calon wisuda yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Geofisika, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB. Seminar ini menjadi wadah bagi para mahasiswa yang sudah selesai menempuh tahapan sidang TA/Tesis untuk membagikan hasil penelitiannya secara terbuka. Selain itu, seminar terbuka ini juga diharapkan dapat memberikan gambaran awal dan membuka wawasan bagi mahasiswa-mahasiswa yang akan melakukan penelitian TA/Tesis.

Seminar terbuka kali ini dilaksanakan pada hari Rabu, 04 Oktober 2017 mulai pukul 08.00 – 16.30 WIB. Lokasi yang dipilih untuk pelaksanaannya adalah Ruang Aula lt. 1 Gedung Energi Kampus ITB Jalan Ganesha No. 10 Bandung. Acara Seminar Terbuka diawali dengan kata sambutan dan pembukaan oleh Ketua Program Studi S1 Teknik Geofisika ITB. Dalam sambutannya, Dr. Andri Dian Nugraha selaku Ketua Prodi menyampaikan bahwa seminar terbuka ini adalah bagian dari kegiatan Prodi Teknik Geofisika ITB yang bertujuan untuk membagikan informasi kepada publik tentang hasil-hasil penelitian TA/Tesis yang telah dilakukan oleh mahasiswa. Terdata ada 72 orang peserta yang berpartisipasi sebagai presenter pada seminar yang dimaksud. Setiap peserta menampilkan hasil TA/Tesis dalam bentuk poster dan oral presentasi.

Presentasi dalam bentuk poster terbagi dalam dua sesi yaitu sesi pagi mulai pukul 08.00 – 12.00 dan sesi siang mulai pukul 13.00 – 16.00. Sedangkan untuk presentasi oral dilakukan dalam empat sesi dan setiap sesi menampilkan 4 presenter. Setiap presenter diberikan waktu 15 menit dengan pembagian 10 menit presentasi dan 5 menit diskusi tanya jawab. Peserta oral presentasi adalah para mahasiswa terbaik yang dipilihkan oleh dosen pembimbing, dan tentunya memiliki nilai TA/Tesis yang sangat memuaskan.

Sebagai bentuk penghargaan, panitia melakukan penilaian untuk setiap presenter baik presenter oral maupun poster. Setiap presenter dinilai secara objektif oleh dua orang dosen atau asisten akademik. Untuk mendapatkan best oral dan poster presenter, maka ada beberapa paramater yang menjadi penilaian adalah tingkat kejelasan penyampaian informmasi, kemampuan presentasi, dan kemampuan diskusi dan tanya jawab.

Setelah penilaian dan evaluasi yang dilakukan panitian berdasarkan lembar penilaian, maka diputuskan ada dua perserta terbaik. Kedua peserta terbaik untuk oral presenter adalah Sevi Maulinadya Prawita (12313054) dengan judul Inversi magnetotellurik (MT) 1-D menggunakan pendekatan grid-search dan Monte Carlo, di bawah bimbingan Prof. Hendra Grandis. Sedangkan untuk peserta terbaik presentasi dalam bentuk poster adalah Suhada (22314006) dengan judul Identifikasi zona total lost circulation menggunakan inversi EEI dan paleografi pada formasi Kujung lapang “WJP”, di bawah bimbingan I. Sonny Winardhi, Ph.D.

Leave a Comment