Program Studi Teknik Geofisika Institut Teknologi Bandung, Sebagi upaya untuk meningkatkan kerjasama dan kemampuan mahasiswa geofisika ITB. Teknik Geofisika ITB yang bekerja sama dengan Grenoble Institute of Technology (G-INP) mengadakan kuliah tamu mengenai pemrosesan sinyal pada penerapannya untuk geofisika. Kuliah umum ini berlangsung selama 3 hari yang diadakan pada hari Rabu 14 September 2016 sampai dengan Jumat 16 September 2016, bertempat di Aula Gedung Energi Kampus ITB Ganesha. Kuliah umum ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa teknik geofisika, namun peserta juga ada yang berasal dari sains kebumian ITB dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Pemateri merupakan seorang Profesor di bidang pengolahan sinyal pada GIPSA-LAB (salah satu lab di G-INP) yaitu Prof. Jerome MARS.

Pada kuliah ini peserta diajak untuk mengenali sifat dari gelombang dan sinyal pada geofisika. Hari pertama dimulai dengan pengenalan secara singkat mengenai transformasi Fourier dan spectral density measurament. Para peserta dibekali dengan konsep dasar dari sinyal secara umum untuk mengetahui secara lebih fundamental arti fisis transformasi Fourier dan spectral density measurement.

 

Hari kedua dimulai kembali dengan penguasaan konsep pengolahan sinyal yang selanjutnya, yaitu time sampling dan teori Shannon, korelasi sinyal, frekuensi instan, serta konvolusi. Banyak hal baru yang dipelajari oleh peserta pada hari kedua ini. Diawali dengan pengetahuan tentang aplikasinya di berbagai bidang pengolahan sinyal, seperti bidang kesehatan, telekomunikasi, serta musik. Selanjutnya diteruskan oleh pengaplikasian metode pengolahan sinyal ini pada bidang Geofisika, karena dalam pengolahan sinyal geofisika proses dasar tersebut sangat familiar untuk dilakukan. Oleh karena itu, para peserta terlihat sangat antusias dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi yang terjadi.

Pada hari ketiga, kuliah lebih ditekankan pada aplikasi pengolahan sinyal khusus untuk bidang geofisika. Materi yang diajarkan yaitu Wiener Filter, FK filtering, beamforming, filter multidimensi, DOA (directional on arrival), dan musik. Materi ini akan sangat berguna dalam menseleksi data dari gangguan luar (noise) sehingga hasil yang diperoleh merupakan signal yang murni respon dari bawah permukaan bumi.

Kegiatan kuliah umum dengan menghadirkan dosen dari luar negeri sangat baik untuk dilaksanakan. Selain untuk membiasakan mahasiswa dengan lingkungan global, juga dapat memberikan sudut pandang pengajaran baru. Untuk Prodi Teknik Geofisika ITB sendiri sangat memberikan maanfaat sehingga dapat menjalin kerjasama dengan universitas di luar negeri dan memungkinkan mahasiswa dapat memperoleh double degree di Indonesia dan luar negeri.

Leave a Comment