Program Studi Teknik Geofisika Institut Teknologi Bandung, Selasa 21 Juni 2016 telah mengadakan Seminar Terbuka Tugas Akhir dan Tesis Ke-2 untuk mahasiswa yang akan di wisuda pada bulan Juli 2016. Seminar Terbuka Tugas Akhir dan Tesis adalah suatu program yang ditujukan untuk mahasiswa S1 dan S2 untuk mempresentasikan hasil studi semasa berkuliah di Teknik Geofisika baik dalam bentuk oral maupun poster presentasi. Tema dari oral dan poster yang dipresentasikan mewakilkan berbagai bidang keilmuan geofisika, antara lain geofisika global, geofisika terapan dan eksplorasi, serta seismologi eksplorasi dan rekayasa.

Seminar Terbuka Tugas Akhir dan Tesis Teknik Geofisika ITB dibuka oleh ketua program studi Teknik Geofisika Dr. Andri Dian Nugraha, S.Si., M.Si. Sebanyak 7 peserta oral presentation dan 14 peserta poster presentation ikut berpartisipasi dalam acara ini, dimana peserta oral presentation adalah: Khalid I. Syaifullah, S.T.; Muthia J.M. S.T.; Rexha Verdhora RY M.T.; Diaz Nurazna P. S.T.; M. Syarif A. M.T.; Madaniya M.T.; Iqbal Fauzi A. S.T.

Peserta oral presentasi diberikan waktu masing-masing 12 menit untuk mempresentasikan hasil dari penelitiannya dan 3 menit untuk sesi tanya jawab. Setelah sesi oral presentasi selesai dilanjutkan dengan sesi poster presentasi yang berlangsung selama 90 menit. Para dosen dan mahasiswa aktif Teknik Geofisika ITB pun ikut berpartisipasi dalam sesi ini dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta Seminar Terbuka Tugas Akhir dan Tesis.

Sebagai bentuk apresiasi bagi semua peserta, peserta oral presentasi terbaik dan peserta poster presentasi terbaik dipilih berdasarkan berbagai kriteria penilaian. Seminar Terbuka Tugas Akhir dan Tesis kemudian ditutup dengan pemberian sertifikat kepada semua peserta dan pengumuman oral dan poster presentasi terbaik. Oral presentasi terbaik adalah Madaniya M.T. dan poster presentasi terbaik adalah Gierry Helvan M.T.

Diharapkan dengan berakhirnya acara ini mahasiswa Teknik Geofisika ITB terus berkarya dan kelak akan mengharumkan nama Bangsa Indonesia.

Leave a Comment