Pada tanggal 23 Maret 2016, Program Studi Teknik Geofisika – Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan – Institut Teknologi Bandung mengadakan Seminar Terbuka Tugas Akhirdan Tesis Teknik Geofisika ITB untuk lulusan yang akan wisuda pada bulan April 2016. Untuk pertama kalinya, Program Studi Teknik Geofisika mengadakan seminar terbuka sebagai sarana publikasi ilmiah hasil-hasil penelitian mahasiswa Teknik Geofisika. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Energi FTTM, ITB lantai 4.

Seminar Terbuka Tugas Akhir dan Tesis Teknik Geofisika ITB kali ini membawa topik “Main Issues on Geophysics” dibuka oleh Ketua Program Studi Teknik Geofisika Dr. Andri Dian Nugraha, S.Si., M.Si. Seminar ini mengundang para calon wisudawan dan wisudawati April 2016 dari Program Studi Teknik Geofisika baik dari program sarjana maupun program magister, untuk mempublikasikan dan mempresentasikan hasil penelitiannya selama menjadi mahasiswa di ITB. Nantinya, seminar terbuka ini akan dilakukan secara rutin (3 kali setahun) setiap menjelang wisuda.

Isu-isu hangat dan penelitian terkini pada bidang geofisika dipublikasikan dalam bentuk oral presentation dan poster presentation. Sebanyak 41 presenter ikut berkontribusi pada seminar terbuka ini. Dari pagi hingga sore hari, sebanyak 9 presenter diundang untuk mempresentasikan penelitian mereka secara bergantian. Para oral presenter tersebut adalah:  Shofi Aulia Riza, S.T.; Pujiyanti Sri Lestari, S.T.; Wieda Nur Azani, S.T.; Arintha Tevyana, S.T.; Titis Lestyowati, S.T.; Muhammad Sabila Rasyad, S.T.; Retno Rifa Atsari, M.T.; Adi Wijaya Suchiana, M.T. dan Massita Ayu Cindy Putriastuti, M.T.

Selain itu, semua 41 presenter juga ikut serta dalam sesi pameran poster. Kegiatan poster presentation ini dilaksanakan dalam 2 sesi, yaitu sesi pagi dan sesi siang. Sebanyak 21 presenter tampil pada sesi pagi hari dan 20 presenter lainnya tampil pada sesi siang hari. Tema dari semua poster yang dipresentasikan ini mewakilkan berbagai bidang geofisika, antara lain geofisika global, geofisika terapan dan eksplorasi, serta seismologi eksplorasi dan rekayasa.

Sebagai bentuk apresiasi bagi semua presenter, semua poster dinilai baik dari segi tampilan dan materi ilmiah poster, maupun teknik presentasi dari setiap presenter. Tiga poster terbaik kemudian dipilih berdasarkan berbagai kriteria penilaian.

Seminar Terbuka Tugas Akhir dan Tesis Teknik Geofisika ITB ditutup dengan pemberian sertifikat pada semua presenter dan pengumuman best poster presentation. Adapun 3 orang presenter yang mendapat predikat best poster adalah: Titis Lestyowati (1st best poster), Massita Ayu Cindy Putriastuti (2nd best poster), dan Faiz Gunarwan (3rd best poster).

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, seminar terbuka ini direncanakan untuk dilaksanakan secara rutin (3 kali setahun) menjelang wisuda. Seluruh calon wisudawan dan wisudawati dari Program Studi Teknik Geofisika akan diwajibkan untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada acara ini. Selain itu, tidak menutup kemungkinan bahwa kolaborasi-kolaborasi lain akan dilakukan, misal dengan para dosen ataupun mahasiswa lainnya, untuk memperkaya isu-isu hangat dan penelitian terkini yang akan dipublikasikan.

Leave a Comment